Disendirikan

“Jangan menjatuhkan kesalahan pada orang lain pada setiap hal yang kau perbuat, semua kendali ada padamu, bukan mereka!” .

Pernah mendengarnya? Untuk yang mendengarnya dan merasa menjadi tersangka dari sebuah kesalahan yang mungkin itu bukan sepenuhnya kesalahannya, atau sama sekali bukan kesalahannya mungkin muak. “Kenapa aku? Kenapa hanya aku? Kenapa?” Kemudian terbesit penyesalan, lebih baik aku tidak berbuat apa-apa padanya kalau tau begini adanya! .

Kemudian berlalu, memasang lapisan tebal di wajahmu untuk tampil biasa saja, hingga masanya benar-benar tepat untuk mengatakan, “selamat tinggal”, dan bersikap seolah teman yang baru saja kenal. .

Satu hilang, mengakar pada kesempatan lainnya yang takkan pernah digapai karena kekhawatiran. .

Yang tersisih kemudian mengingkari kodratnya tercipta sebagai makhluk sosial, nyaman dengan sepi. Meraung-raung dikepalanya, memang pada mulanya aku sendiri bukan? Hidup dalam kantong gelap, hangat, tenang. Terlahir, lalu diarahkan untuk tidak dapat melakukan ini itu sendiri, membutuhkan orang lain. Seperti orang lain butuh dirimu, kemudian kembali ke habitatnya saat kembali tersimpul. .

“Bebasku, terserahku, semauku, ini hidupku bukan? Tidak harus sesuai keinginanmu dan mereka” .

Setiap tindakkannya bukan lagi urusanmu lagi, terserah ia melakukan apa. Tidak ada hakmu juga untuk berbicara tentangnya, karna kewajiban didepan matamu sudah abai. .

Apa pikirmu saat ini perbuatannya jauh dari aturan dan norma yang telah dibuat? Lalu kenapa? Kau pun memilih pergi saat ada piliham lain tuk temani, nasihati, dengan sabar dan hati-hati. .

Bukankah ia tidak menyalahkanmu dengan apa yang terjadi dengannya? Lalu apa pedulimu untuk membuatnya tidak nyaman dengan semua tukar ucap yang kau lakukan dengan yang lain? .

#bukanurusanmu #duniaku #pergi #salahkan #sendiri #terserah #tinggal

Advertisements

One thought on “Disendirikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s