Maaf

Teramat banyak dari sebagian memilih untuk menunggu. Momen yang pas untuk memulai dengan menanti waktu. Sadar ataupun tidak, perlahan namun pasti, bisa saja usia tidak sampai pada hari itu. Memanfaatkan yang saat ini dimiliki, bertemu. Tidak perlu diucap, mereka tau maksud kedatangan. Hanya saja, setiap hal butuh penjelasan. Lain kepala, lain pikiran. Bergantung kemauan, ingin atau tidak menjabarkan.

Tidak semua hal dapat dimengerti, tidak juga dipaksakan. Setiap yang diucap bisa saja dipatahkan. Karena semuanya mengakar pada pendirian. Sekali, dua kali, tiga kali, masuk lalu keluar lagi. Apa hanya salahku yang terlanjur menikmati. Hidup diantara keras dan pahit saja dengan usaha menuangkan sedikit manisan untuk bisa tetap dicicipi.

Lantas kemudian dilihat seperti orang yang kebingungan mencari arah kebenaran. Dalam tiap peluh ku berusaha tuk mempersatukan. Saling bertukar pikiran, untuk menemukan jalan tengah dari tiap permasalahan. Semuanya terlalu sensitif pada dunianya masing-masing. Disinggung sedikit, aku terasing. Memisahkan diri dibilang tidak peduli, ya pusing.

Sudahkah memaafkan satu sama lain? Dengan ikhlas merelakan apa yang telah orang lain perbuat, lalu sama-sama beriringan berjalan untuk memulai lembaran baru? Tidak dengan keegoisan dan menggadangkan bahwa laki-laki dapat melupakan namun tidak memaafkan, dan perempuan dapat memaafkan tapi tidak melupakan. Kamu tau? Bagaimana bila Tuhan bertindak demikian lebih parah darimu? Masihkah ada pintu maaf untukmu?

Dirimu yang terlampau keras sudahkah memaafkan pribadi? Semua yang terjadi dan tidak akan pernah berganti. Terwujud dalam memori, hingga hilang sadar diri. Setiap kelakuan yang dilakukan, membawamu hingga kehidupan hari ini. Tidakkah bersyukur bahwa kesempatan telah diberi, sekedar untuk memperbaikki. Jalan terburuk yang hampir kau pilih untuk mengakhiri sempat mengecewakan-Nya yang tetap berprasangka baik terhadapmu suatu saat akan berubah padahal Dia sungguh Maha Mengetahui.

Advertisements

One thought on “Maaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s